Sesi 9

Setelah bekerja selama empat bulan sebagai seorang pendamping dengan guru, strategi dan kecakapan pendampingan yang paling penting telah saya petakan strategi dan kecakapan itu dalam sebuah mind map yang merefleksikan informasi dari bacaan dan dari pengalaman saya sendiri. Silakan berkunjung di link ini MindMaister Saya.

Perubahan terbesar yang saya lihat antara kedua peta tersebut dalam pemahaman tentang proses pendampingan adalah secara singkat bagaimana anda merasa benar-benar dilengkapi untuk melakukan hal-hal berikut sebagai hasil kursus (masing-masing 3-4 kalimat)

Membantu guru mengartikulasikan dan mengembangkan tujuan-tujuan profesional; untuk melakukan ini, akan fokus pada menilai/menaksir kebutuhan para guru lewat pertemuan kelompok dan menggunakan pendekatan backword design (desain mundur) sehingga kita dapat mulai untuk menaksir kebutuhan dan usaha pencapaian tujuan profesional yaitu penerapan model pembelajaran satu komputer di kelas.

Bekerja dengan guru untuk merencanakan kegiatan dan menemukan sumber-sumber daya untuk melaksanakan tujuan mereka; dapat dilakukan dengan memanfaatkan World Wide Web dan sumber belajar yang ada di sekolah dampingan masing-masing berupa akses internet dan perangkat ICT.

Mendukung pelajaran dan pengembangan profesional guru; melakukannya dengan pendekatan pendampingan “pelepasan bertahap” (gradual release) (Pearson dan Gallagher, 19830 yaitu:

1) Saya melakukannya dan Anda mengamatinya (di mana pendamping memperagakan praktek-praktek penagjaran).

2) Saya melakukannya dan Anda membantunya (contonya, di mana pendamping memimpin proses perencanaan sebuah kegiatan, dengan dibantu oleh para guru

3) Anda melakukannya dan saya membantu (pengajaran bersama)

4) Anda melakukannya dna saya mengamatinya (pembelajaran solo atau mandiri)

Memonitor kemajuan guru dan memberikan feedback; dilakukan dengan mengambil satu langkah ke belakang dan mengamati para guru berupaya untuk menerapkan versi mereka atas kegiatan berbasis siswa dengan menggunakan satu komputer yang mereka pilih untuk kelas mereka. Saya mengamati sesi mereka, menilai kegiatan yang mereka lakukan dan memberikan umpan balik. Penilain dimaksudkan untuk membantu para guru mengenali dan kemudian mengembangkan kekuatan dari kegiatan ini dan berusaha untuk memperbaiki area-area yang masih perlu perbaikan.

Memberikan bantuan terus menerus selama implementasi pelajaran; dilakukan dengan membantu persiapan untuk mengajar kegiatan berbasis siswa dengan satu komputer, membantu menerapkannya, mengamati dan memberikan umpan balik terhadap kegiatan satu komputer mereka.

Meletakkan dasar bagi komunitas guru yang suportif akan perubahan ini; dilakukan dengan bantuan pengetahuan dan keterampilan pengguanaan satu komputer di kelas.

Rencana aksi sekolah dampingan:

Saya yakin bahwa sekolah akan melaksanakan proses pendampingan ini tanpa kehadiran saya karena komitmen yang tinggi dari mitra pendamping saya (Ibu Hamsina akan mendampingi rekan guru untuk melakukan tindak lanjut pendampingan di SDN 28 Tumampu II Pangkajene Kab. Pangkep.

Sejauh ini kepala sekolah tetap berkomitmen dalam pelaksanaan program pendampingan ini di kemudian hari, dari bukti pernyataan kepala sekolah atas kesediaannya untuk rapat bersama guru dampingan untuk berdiskusi format RTL pendampingan yang tidak mengharuskan guru meninggalkan kelasnya pada saat jam pelajaran.

Pemimpin guru (teacher leader) pada tim kami adalah Hamsina Gassing sebagai pendamping dan guru kelas di SDN 28 Tumampua II Pangkajene, mampu meneruskan tugas sebagai seorang pendamping sejauh akhir sesi 9 ini dengan cara berupaya berdiskusi dengan kepala sekolah untuk kegiatan RTL pendampingan. Dukungan yang ia butuhkan berupa dukungan teknik pelaksanaan RTL.

Seharusnya sekolah didukung untuk meneruskan program pendampingan ini dalam hal memfasilitasi kebutuhan akan keterampilan penggunaan ICT dan pemahaman bahan kursus guru dampingan terhadap rekan guru lainnya.

“Refleksi tertulis” yang telah saya tulis sejauh ini pada: ide tentang pendampingan dengan perasaan bangga bermitra dengan rekan guru dan kepercayaan akan sebuah perubahan pembelajaran aktif dengan menggunakan satu komputer di kelas. Temuan yang paling umum yang ditunjukkan oleh awan kata saya adalah kata “Guru, kegiatan pendampingan, sekolah, satu komputer, kelas,RTL “.

Makna hal tersebut berkaitan dengan pemahaman saya tentang proses pendampingan, perasaan yang saya alami sebagai seorang pendamping. Dalam awan ini tidak ada yang membuat heran/terkejut—karena semuanya adalah unsur dalam pendampingan yang kami telah lakukan dari sesi 1-sesi 9.
Wordle
Wordle

Tinggalkan komentar